Gerhana Bulan Total

Ilustrasi Gambar Gerhana Bulan Total
Gerhana Bulan Total 2011 merupakan  fenomena langka apa lagi ini merupakan Gerhana Bulan Total yang terlamapada abad ini, fenomena Gerhana Bulan bisa disaksikan dari Afrika, Eropa, Asia, dan Australia.

Pada gerhana bulan kali ini, lintasan bulan sedikit melenceng dari titik ini, sehingga terjadi selisih durasi gerhana selama 7 menit dari rekor yang mungkin terjadi. "Namun perbedaan ini tipis sekali, menjadikan peristiwa kali ini sebagai gerhana berdurasi panjang," ujar Deputi Sains Pengkajian Informasi Kedirgantaraan Lembaga Penelitian Antariksa Nasional, Thomas Djamaluddin,


Gerhana Bulan Total
yang akan terjadi di Indonesia pada 16 Juni 2011, mulai pukul 01.23 WIB. Gerhana Bulan 2011 ini merupakan gerhana terlama dalam satu abad terakhir, yaitu akan terjadi selama 100 menit.Empat gerhana matahari sebagian dan dua gerhana bulan total akan terjadi di 2011. Kombinasi empat dan dua gerhana dalam satu tahun ini adalah peristiwa yang jarang terjadi.

Gerhana matahari sebagian pada 2011 akan terjadi pada 4 Januari, 1 Juni, 1 Juli, dan 25 November. Sedangkan gerhana bulan total akan terjadi pada 15 Juni dan 10 Desember. Kombinasi empat gerhana matahari dan dua gerhana bulan dalam setahun hanya akan terjadi enam kali sepanjang abad ke-21, yakni pada tahun 2011, 2029, 2047, 2065, 2076, dan 2094.

Sayangnya, seluruh gerhana matahari tidak akan dapat dilihat dari Indonesia. Tapi, dua gerhana bulan total akan dapat diamati di Nusantara. Seluruh fase gerhana bulan total Juni akan dapat diamati di Indonesia bagian barat, sementara wilayah Indonesia lainnya mengalami gerhana bulan sebagian. Pada penghujung tahun 2011, seluruh fase gerhana bulan total akan dapat diamati dari Sabang hingga Merauke.

Proses Gerhana Bulan Total di Indonesia:

    Gerhana diawali dengan kontak awal penumbra pada pukul 00:25 WIB.
    Gerhana baru bisa disaksikan secara kasat mata saat terjadi kontak awal umbra pada pukul 01:23 WIB, saat bayangan Bumi secara perlahan mulai menutupi Bulan Purnama.
    Puncak gerhana terjadi pada pukul 03:12 WIB dengan Bulan dalam kondisi gelap total.
    Berangsur-angsur kemudian Bulan mulai terlihat lagi dan secara kasat mata kembali sebagai Bulan purnama pada pukul 05:01 WIB seiring kontak akhir umbra.
    Gerhana secara keseluruhan baru berakhir pada pukul 05:59 WIB saat kontak akhir penumbra terjadi.

Di wilayah Indonesia, Gerhana Bulan atau gerhana bulan total akan terlihat dari berbagai daerah. Di bagian barat Indonesia, gerhana akan terlihat pada pukul 01.25 WIB hingga 05.04 WIB, sementara pada pukul 02.25 sampai totalnya pada pukul 03.14 WIB bulan secara penuh akan tertutup.

Fenomena alam Gerhana Bulan kali ini menurut rencananya akan disiarkan secara langsung lewat internet oleh Observatorium Bosscha bersama jaring pengamatan hilal dan pemerintah yang bakal melakukan uji coba streaming baru.

Foto Lengkap Gerhana Bulan 16 Juni 2011 di Indonesia klik disini

Sumber : Dari Berbagai sumber